Senin, 14 Mei 2012

SINYAL DAN DATA


1.      Sinyal adalah bentuk dari besaran listrik seperti tegangan atau arus yang membawa data.
Contoh : sinyal handphone, televisi, satelite.
Sinyal dibedakan menjadi dua yaitu :
1.1 SinyalAnalog merupakan sinyal listrik yang besarnya berubah-ubah setiap saat misalnya tegangan yang berubah tiaps aat. Sinyal analog dapat digambarkan sebaga isinyal yang mempunyai bentuk gelombang sinus.


Gambar Sinyal Analog

1.2         Sinyal Digital adalah sinyal yang besaran listriknya berbentuk pulsa yaitu gelombang yang misalnya tegangannya tetap selama jangka waktu tertentu. Sinyal digital biasanya merepresentasikan bilangan biner 1 dan ditandai dengan kehadiran pulsa serta bilangan biner 0 yang ditandai dengan tidak adanya pulsa atau pulsa yang lain bentuknya dari pulsa untuk bilangan biner 1.

                Gambar Sinyal Digital

2.      Data adalah besaran yang mempunyai atau membawa suatu informasi.
Data dibedakan menjadi dua yaitu :

2.1         Data analog ialah data yang mempunyai nilai yang kontinu untuk selang waktu tertentu. Contoh data analog misalnya temperatur, tekanan, kecepatan, suara, video dan lain sebagainya.Bilamana data analog ingin direpresentasikan dengan sinyal digital ia harus melalui proses coding.

2.2  Data digital bukan berarti bahwa sinyalnya harus digital. Representasi data menjadi sinyal merupakan proses yang tidak saling bergantungakan tetapi ditentukan oleh pertimbangan teknik dan ekonomi. sedangkan data digital yang ingin direpresentasikan kedalam sinyal analog akan mengalami proses modulasi

Catatan saya :
1.      Noise adalah sinyal yang tidak di inginkan ( Penggangu/ Berisik).
2.      Gain adalah kekuatan sinyal atau penambahan sinyal.
Contoh : sinyal awal di pancarkan dari stasiun radio sebesar 1000 MW kemudian sampai tujuan karna ada penguat sinyal menjadi 10000 MW.
3.      Desible adalah ukuran atau satuan dari kekuatan sinyal.
4.      Losses adalah penurunan sinyal.
Contoh : sinyal awal di pancarkan dari stasiun radio sebesar 1000 MW kemudian sampai tujuan karna ada penguat sinyal menjadi 100 MW.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar